Inilah Sejarah Singkat Permainan Sepakbola

Sejarah Permainan Sepakbola
Sejarah Sepakbola – Sepakbola merupakan olahraga paling fenomenal dan populer hingga saat saat ini. Tidak ada olahraga lain yang mampu melebihi ketenaran olahraga sepakbola. Dalam beberapa dekade terakhir, sepakbola dijadikan sebuah industri yang melibatkan perputaran uang di dalamnya. Aktivitas jual beli pemain dengan harga selangit merupakan sebuah hal yang wajar bagi klub-klub papan atas. Nah, sebelum kita melangkah jauh membahas olahraga sepakbola, alangkah baiknya kita simak dahulu sejarah singkat olahraga ini.

Sepakbola merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan dengan masing-masing tim beanggotakan sebelas orang. Saking tenarnya, olahraga ini telah dimainkan di 200 negara dengan berbagai jenis kejuaraan yang dikomando oleh FIFA (organisasi yang mengatur persepakbolaan dunia). Dalam permainan sepakbola, tujuan utamanya adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya. Adapun bola yang digunakan berukuran 27-28 inci. Sedangkan lapangan yang dipakai dalam permainan ini mempunyai lebar 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Di bagian ujung lapangan, terdapat gawang sebagai tempat mencetak gol yang dibatasi jarring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.

Sejarah Singkat Sepakbola

Sejarah sepakbola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Cina tepatnya di masa dinasti Han. Pada waktu itu, konon masyarakat menggiring bola kulit untuk kemudian menendangnya ke jaring kecil. Permainan sejenis juga pernah dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sedangkan di negara Italia, permainan menendang dan menggiring bola juga mulai digemari terutama pada abad ke-16.

Sepakbola modern pada awalnya mulai berkembang di negara Inggris dan banyak digemari oleh penduduknya. Dalam beberapa kompetisi yang diadakan, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan dan cidera selama pertandingan. Hal itu disebabkan oleh belum terbentuknya aturan-aturan yang baku dalam sepakbola. Akhirnya pada tahun 1365, Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan. Bahkan, Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan tersebut.

Pada tahun 1815, terjadi sebuah perkembangan pesat yang menyebabkan olahraga sepakbola mulai terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Sepakbola modern terlahir kembali di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika saat itu sebelas sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku dalam permainan sepakbola. Dalam pertemuan tersebut, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dan sepakbola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepakbola. Selama tahun 1800an, olahraga tersebut dibawa dan disebar oleh para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1904, sebuah asosiasi tertinggi sepakbola dunia (FIFA) terbentuk dan pada awal tahun 1900an, berbagai kompetisi sepakbola telah digelar diberbagai negara. 

Sejarah Sepakbola di Indonesia

Bangsa Indonesia mulai mengenal permainan sepakbola pada zaman penjajahan Belanda. Pada tanggal 19 April 1930, dibentuklah organisasi pelopor sepakbola tanah air yang bernama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang disingkat PSSI. Organisasi yang didirikan di Yogyakarta ini, awalnya diketuai oleh MR. Soeratin Sosro Soegondo yang dikenal sebagai bapak pelopor sepakbola Indonesia.

Nah, demikian tadi ulasan singkat tentang sejarah permainan sepakbola. Semoga bermanfaat.