5 Tim dengan Penguasaan Bola Tertinggi di Liga Inggris

Liga Inggris
Di samping persaingan yang sangat ketat, Liga Inggris juga disebut-sebut sebagai liga dan menjadi kiblat sepakbola dunia. Tak heran jika persaingan dalam liga Inggris diisi oleh tim-tim papan atas yang sangat kuat.

Dengan melihat table klasemen, tampak selisih poin sangat kecil antara klub satu dengan yang lain sehingga cukup sulit menentukan siapakah yang akan menjadi juara di akhir musim nanti.

Selain itu, liga Inggris memang dikenal sebagai liga dengan permainan yang cepat dan menyerang. Meskipun demikian, penguasaan bola bukanlah hal mutlak bagi sebagian tim-tim liga Inggris. Nah, berikut kami sajikan 5 tim dengan penguasaan bola tertinggi di liga Inggris.

5. Everton - 56,2%

Di bawah asuhan Roberto Martinez, Everton kini telah mampu beradaptasi dengan gaya permainan yang baru. Dukungan dari gelandang bertahan Gareth Barry dan James McCarthy telah membantu mempertahankan penguasaan bola.

Apakah dengan penguasaan bola yang tinggi cukup baik bagi Everton? Hal ini masih menjadi perdebatan. Pasalnya, mereka baik dalam hal possession, tetapi tidak begitu efektif pada hasil akhir jika dibandingkan dengan Tottenham (54%) dan Chelsea (53%).

4. Arsenal - 57,3%

Bagi banyak orang, hal itu akan mengejutkan jika Arsenal hanya menduduki peringkat ke empat daftar tim dengan penguasaan bola terbaik. Karena, kita tahu bahwa permainan Arsenal sangat baik dalam penguasaan bola serta enak ditonton dengan permainan indahnya. Taktik ini memang menjadi ciri khas dari Arsene Wenger selama bertahun-tahun. Namun, musim ini nampaknya statistik berkata lain.

Meskipun kehadiran Mesut Ozil membawa suasana baru, nampaknya ia kurang konsisten dalam bermain. Di sisi lain, Jack Wilshere dan Aaron Ramsey telah mampu berkembang dan meningkatkan level permainan mereka. Kehadiran mereka berdua juga sangat penting bagi pencapaian tim selama ini. Hal itu terbukti dari hasil kemenangan yang mereka peroleh.

3. Southampton - 58,4%

Cukup aneh memang jika Southampton masuk dalam jajaran penguasaan bola terbaik musim ini. Sejak Pochettino mengambil alih tim ini, the Saints meningkatkan pressing dalam permainan mereka, serta tidak membiarkan lawan menguasai bola. Meskipun mereka memiliki begitu banyak possesi, statistik juga menunjukkan bahwa Southampton mempunyai umpan panjang dengan tingkat akurasi yang baik.

Pressing yang tinggi cukup membantu di paruh musim pertama namun akhir-akhir ini performa mereka menurun. Terlihat dalam hasil pertandingan akhir pekan lalu melawan West Ham, the Saints kalah 3-1 dengan 69% penguasaan bola.

2. Manchester City - 58,4 %

Seperti yang Anda harapkan dari kandidat juara, City mempunyai posesi yang sangat baik. Hal ini tidak mengherankan bagi sebuah tim yang telah mencetak 69 gol musim ini, gol terbanyak di liga dari open play. Anak-anak asuhan Pellegrini ini mengubah pertahanan menjadi serangan dengan cepat dan memindahkan bola di sekitar area lawan dengan mudah.

Beberapa tim gagal untuk menggunakan taktik penguasaan bola dengan bijak, namun hal itu tidak terjadi pada Manchester City.

1. Swansea - 60,1%

Statistik membutikan bahwa Swansea ternyata mempunyai rata-rata 60% penguasaan bola di setiap pertandingan musim ini. Hal ini cukup mengejutkan melihat Swansea kini berada di peringkat 12 klasemen sementara. Mereka juga mencatatkan umpan sukses dengan rata-rata prosentasi 86%.

The Swans memainkan 5 gelandang di lini tengah yang membantu mereka untuk mengontrol permainan. Seperti tim lain di daftar ini, mereka menggunakan dua gelandang bertahan yang terbukti menjadi kunci kesuksesan mereka. Dengan rata-rata passing 541 tiap permainan, sulit untuk memahami mengapa Swansea tidak mencetak lebih banyak gol.

*Photo Credit: football.wikia.com